Memilih Termometer yang Tepat untuk Anak

demam pada anakApapun jenis termometer yang anda gunakan atau anda sediakan di rumah pastikan anda tahu bagaimana cara menggunakannya dengan benar agar anda dapat membaca hasil tes dengan akurat. Ikuti petunjuk pemakaian dan simpan termometer di tempat yang tepat agar termometer awet dan tetap terjaga keakuratannya.

  1. Termometer digital biasanya dapat memberikan hasil tercepat dan pembacaan yang paling akurat. Termometer ini tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran serta mudah ditemukan di supermarket maupun apotik. Biasanya termometer digital dapat digunakan untuk mengukur suhu tubuh melalui mulut, dubur, ataupun ketiak. Aktifkan termometer dan pastikan layar dapat tebaca dengan jelas. Termometer ini biasanya memiliki plastik, lebih peka terhadap sensor suhu diujung dan tampilannya lebih mudah dibaca.
  2. Termometer telinga elektronik dapat mengukur suhu timpani (panas yang diproduksi oleh gendang telinga). Termometer ini sangat tepat digunakan pada balita atau anak-anak namun tidak seakurat termometer digital untuk mengukur suhu tubuh balita yang berusia dibawah enam bulan. Selain itu, termometer telinga tidak seakurat termometer digital jika tidak dipasang dengan benar pada liang telinga atau jika banyak kotoran menumpuk di telinga anak-anak.
  3. Termometer arteri temporal digunakan dengan cara digesek dari dahi ke belakang telinga kemudian bekera dengan mengukur suhu arteri temporal dan pembuluh darah di dahi. Menggunakan termometer memang memerlukan pengetahuan bagaimana cara menggunakannya agar dapat diperoleh hasil yang dapat dibaca dengan akurat. Keringat yang ada di dahi dapat mempengaruhi keakuratan hasil yang diperoleh. Jadi pastikanlah dahi anak anda kering sebelum memerikasa suhu tubuh dengan termometer ini.
  4. Termometer kempeng bisa jadi alat mengukur suhu yang paling nyaman, namun bacaan yang dihasilkan tidak akurat dan tidak dapat digunakan kepada balita yang berusia kurang dari 3 bulan. Anak-anak juga perlu menjaga dot yang ada dimulut mereka selama beberapa menit tanpa bergerak namun tentunya hal ini pasti sulit untuk bayi dan sebagian besar balita.
  5. Termometer strip plastik. Termometer jenis ini mungkin dapat memberitahu anda apakah anak mengalami demam atau tidak namun termometer jenis ini tidak bisa memberikan hasil yang akurat terutama pada bayi dan balita yang sangat muda. Jika anda ingin mengetahui suhu tubuh anak anda dengan tepat menggunakan termometer ini bukanlah pilihan yang tepat.

Gaya hidup yang sehat juga memberikan pengaruh yang besar terhadap daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Meskipun sedang demam, anda tetap dapat membuat anak anda atau keluarga yang terserang demam merasa nyaman dengan memperbanyak minum cairan. Demam dapat menyebabkan kehilangan cairan dan dehidrasi, sehingga minum air, jus, atau makanan berkuah dapat menjadi solusi agar tidak mengalami dehidrasi. Selain itu, anda juga harus memberikan istirahat yang cukup pada anak atau keluarga anda yang terserang demam untuk memulihkan dan meningkatkan suhu tubuh agar tetap dapat beraktivitas seperi biasanya. Anda harus membuat penderita demam merasa nyaman saat istirahat dengan penerangan dan udara yang cukup. Udara ruangan yang sejuk saat tidur dapat membantu tubuh menjadi lebih baik. Menggunakan selimut pantai yang berbahan dingin dapat membuat tubuh menjadi lebih nyaman.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s