Penyebab Demam pada Anak

Instructions care of children with feverBunda, anda pasti pernah terbangun di malam hari untuk melihat anak anda yang menunjukkan gejala sedang tidak enak badan. Terkadang, suhu tubuh mengalami peningkatan di malam hari, dahi berkeringat dan terasa hangat bahkan panas. Kulit wajah anak menadi merah dan beram-beram. Deman dapat menyerang pada siapa saja dan kapan saja bahkan anak-anak. Beberapa orangtua terkadang mendapatkan kebingungan jika anaknya mengalami peningkatan suhu tubuh sehingga terkadang membuat orangtua mengangani hal ini dengan berlebian. Penanganan yang berleban itu terkadang malah menimbulkan kesalahan yang berdampak buruk bagi anak-anak. Demam menandakan bahwa sebenarnya tubuh sedang bekerja dengan cara yang sesungguhnya dan sedang melawan infeksi.

Pada anak-anak sehat, demam biasanya tidak merujuk pada suatu masalah yang serius meskipun sedikit menakutkan jika peningkatan suhu mencapai titik yang sangat tinggi. Tidak semua demam harus diobati selama hal tersebut tidak melampaui batas. Mengukur suhu tubuh yang paling tepat dapat dilakukan di bagian mulut, bagian bawah (rektal), atau bagian lengan di ketiak. Selama demam tersebut tidak menimbulkan dehidrasi pada anak, menurut dokter hal tersebut masih dalam kategori yang wajar.

Demam bukanlah sebuah penyakit namun kehadirannya seringkali berkaitan dengan adanya gejala dari penyakit lain yang lebih serius.

Penyebab Demam Pada Anak 

  1. Kebanyakan demam disebabkan oleh adanya infeksi atau penyakit lainnya. Oleh sebab itu, tubuh secara alami melawan infeksi tersebut dengan reaksi yang ditunjukkan seperti demam. Demam ini yang membantu tubuh merangsang pertahanan untuk melawan infeksi dan penyakit yang masuk.
  2. Siapa yang menyangka kalau pakaian yang dikenakan juga dapat menyebakan demam pada anak-anak khususnya bayi. Bayi khususnya bayi yang baru lahir biasanya mendapatkan demam jika mereka berada pada lingkungan yang panas. Namun demam pada bayi yang baru lahir, dapat mengindikasikan terjadinya penyakit yang serius oleh sebab itu pada bayi yang baru lahir, anda tetap harus membawanya ke dokter.
  3. Bayi dan anak-anak biasanya mendapatkan demam ringan setelah mendapatkan vaksinasi. Pertumbuhan gigi pada bayi juga mungkin dapat membuat suhu tubuh naik,namun jika suhu hampir mencapai 38 derajat celcius, hal itu mengindikasikan terjadi sesuatu yang salah dengan tubuh anak.

Penyebab demam pada anak tidak bisa dipastikan antara anak yang satu dengan anak yang lain. Sistem kekebalan tubuh yang rendah memiliki pengaruh yang tinggi terhadap kemampuan tubuh untuk melawan infeksi yang masuk. Suhu normal tubuh adalah sekitar 37 derajat celcius namun jika lebih dari itu sudah dapat dikatakan demam. Faktor cuaca juga dapat menjadi pemicu terjadinya demam pada aak-anak. terlepas dari penyebab demam yang terjadi, gejala demam pada anak dapat ditandai dengan berbagai hal beriikut ini:

  • Berkeringat di malam hari
  • Gemetaran atau menggigil
  • Terkadang disertai nyeri kepala dan nyeri otot persendian
  • Nafsu makan menurun
  • Mulut terasa pahit
  • Dehidrasi
  • Suhu tubuh mencapai 40 sampai 41 derajat celcius
  • Berhalusisasi ketika tidur
  • Kebingungan dan rewel

Karena penyebab demam yang berbeda antara anak yang satu dengan yang lainnya dan orang dewasa, maka demam pada anak-anak lebih membutuhkan perhatian khusus dari orangtua. Hubungi dokter jika demam yang terjadi disertai gejala seperti yang telah disebutkan di atas. Anak-anak yang memiliki suhu demam kurang dari 39 derajat celcius biasanya tidak membutuhkan obat dari dokter kecuali mereka merasa tidak nyaman. Namun ada satu pengeculian penting untuk aturan ini yaitu jika anda memiliki bayi 3 bulan atau kurang dari 3 bulan memiliki demam dengan suhu lebih dari 38 derajat celcius, anda dapat segera mengunjungi dokter. Jika anak anda berusia 3 bulan sampai 3 tahun memiliki demam dengan suhu lebih dari 39 derajat celcius, hubungi segera dokter anda. Apabila anak anda sudah cukup usia dan cukup mengerti bagaimana menjaga kesehatan, dan kebetulan anak itu mendapatkan demam secara tiba-tiba mungkin anda bisa melihat atau bertanya kepada anak-anak kemungkinan apa yang menyebabkan demam seperti apakah terlalu banyak makan es dan terkena angin dingin, ataukah anak anda memang mengalami gejala penyakit ringan yang lain.

Demam tidak dianggap serius jika anak anda masih tertarik untuk bermain serta mau makan dan minum dengan baik. Tidak perlu khawatir pada anak-anak yang memiliki demam namun masih bisa beraktifitas seperti biasanya dan suhu tubuh masih dianggap normal atau tidak lebih dari 37 derajat celcius. Bila anak anda demam dan tidak mau makan mungkin saja penyebab demam yang dialami adalah karena anak terinveksi virus. Sejauh aktifitas yang dilakukan anak-anak masih dapat dilakukan seperti biasanya hal ini dapat dikatakan baik-baik saja. Karena suhu tubuh yang dapat naik turun sewaktu-waktu anak-anak dapat menggigil sewaktu-waktu karena suhu tubuhnya naik, anak juga dapat berkeringat karena tubuh yang berusaha melepaskan panas yang berlebih karena suhu mulai turun.

Terkadang anak yang menderita demam dapat bernafas lebih cepat dari biasanya dan mungkin juga memiliki detak jantung yang lebih cepat. Namun jika si kecil mengalami kesulitan bernafas, atau bernafas lebih cepat dari biasanya atau  terus bernafas cepat walapun demamnya telah turun anda dapat segera menghubungi dokter.

***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s